Belajar Pemrograman WEB dan Java

Rabu, 16 Januari 20130 komentar

Belajar Pemrograman WEB dan Java - Ada banyak macam dari pemrograman yang ada dalam dunia komputer atau teknologi misalnya saja program Java dan Web, juga masih banyak yang lainnya. Namun disini kita akan membahas tentang dua pemrograman, web dan java. Kita akan belajar pemrograman web dan java.

Belajar Pemrograman Web –WWW

Jika didefinisikan, web adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai situs yang menawarkan menawarkan sebuah teks maupun menggambarkan sebuah grafik juga suara lewat sebuah protocol internet hypertext misalnya saja www.carigambar.com/cari-223344-web.php.
Web juga terkenal dengan world wide web atau disingkat menjadi WWW. WWW adalah layanan dari internet yang paling populer diantara yang lainnya karena juga internet digunakan dengan luas kerika datangnya layanan WWW. Nah, WWW ini berjalan dengan protocol HTTP atau HyperText Transfer Protokol.

Halaman web berisi sintaks HTML yang dapat diterjemahkan lewat internet browser. HTML inilah yang mampu untuk membuat berbagai konten mulai dari gambar, teks, animasi dan video yang bisa kita lihat saat menggunakan internet untuk mencari sebuah informasi.

Web sekarang menjadi sebuah standar interface dari semua layanan yang ada di internet. Hampir secara keseluruhannya menggunakan www. Keuntungan dari aplikasi web lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi desktop itulah yang menjadikan web diadopsi oleh perusahaan dan dijadikan sebagai strategi teknologi informasi.

Beberapa alasan kenapa memilih belajar pemrograman web dengan www, ini alasannya. Yang pertama adalah karena akses informasinya yang mudah, lalu setup servernya juga mudah, juga karena informasi mudah didistribusikan, lalu yang terakhir karena bebas platform sehingga informasi dapat disajikan oleh browser dengan berbagai sistem operasi yang berbeda-beda.

Pemograman Web – HTTP

Hyper Text Transfer Protocol atau HTTP adalah sebuah protocol yang digunakan untuk mentransferkan berbagai dokumen yang terdapat dalam world wide web. Untuk pengembangan dari HTTP tersebut dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan Internet Engineering Task Force (IETF) yang bekerja dalam satu seri RFC yang mereka menjelaskan HTTP yang sekarang umum digunakan, yaitu HTTP/1,1.
HTTP itu memiliki tugas untuk meminta maupun menjawab hubungan antara klien dan servernya. Biasanya, klien dari HTTP misalnya web browser yang akan memulai sebuah permintaan dengan cara berhubungan dengan IP menuju ke sebuah port tertentu. Kemudian, si server dari HTTP ini akan mendengarkan port itu dan menunggu sang client untuk mengirim sebuah kode request. Lalu setelah mengalami beberapa proses barulah kode request diterima kemudian server menentukan jawaban apakah permintaan berhasil atau error atau yang lainnya.
Nah, itulah cara kerja dari pemrograman web sehingga kita bisa mendapatkan berbagai macam permintaan kita di internet, baik itu data, video, gambar atau yang lainnya.

Pemograman Web 1.0 dan Web 2.0

Selain dari nama web 1.0 dan 2.0 memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan, inilah perbedaanya:
  • Perilaku pengguna membaca menulis.
  • Pelaku utama perusahaan pengguna dan komunitasnya.
  • Hubungan dengan server client-server peer to peer.
  • Bahasa pemrograman penampil konten HTML dan XML.
  • Pola hubungan penerbit dengan pengguna searah maupun dua arah yang interaktif.
  • Pengelolaan konten taksonomi atau direktori juga dari folksonomi atau penandanya.
  • Penayangan berbagai kanal informasi portal RSS atau sindikasi.
  • Hubungan antar pengakses.
  • Sumber konten penerbit atau pemilik dari situs penggunanya.
Web 1.0 itu adalah web generasi yang pertama dan merupakan revolusi terbaru dari dunia internet karena dengan hadirnya web 1.0 telah mengubah cara kerja dari dunia industri dan media.

Web 2.0 adalah web generasi kedua dengan mengedepankan sebuah kolaborasi dengan sharing informasi secara online. Atau dapat juga disebut sebagai revolusi bisnis dalam dunia komputer karena penggunaan internet yang digunakan sebagai platform.
Nah, ini adalah sebuah percobaan untuk mengetahui dan memahami bagaimana aturan agar diketahui bagaimana cara mencapai keberhasilannya pada platform baru. Beberapa layanan yang berbasis Web 2.0 ini diantaranya adalah jejaring social, flickr, maupun wiki.
Untuk web 3.0 ini masih ada perdebatan antara beberapa peneliti dan analis. Web 3.0 diklaim berpotensi untuk menjadi generasi teknologi definisi untuk versi web ini dapat berarti sebagai pengakses broadbrand mobile maupun layanan web on demand.
Tadi adalah perbedaan antara web versi 1.0, versi 2.0 dan versi web 3.0. Sekarang kita akan beralih ke bahasa program-program web.

Inilah bahasa pemrograman web yang perlu Anda ketahui:

HTML adalah bahasa markup yang digunakan dalam pembuatan sebuah halaman web. Browser web yang menggunakan HTML contohnya adalah Mozilla Firefox dan Microsoft Internet Explorer. PHP atau Personal Home Page banyak digunakan dalam sebuah situs web dinamis. Kebanyakan PHP dalam sebuah system operasi linux.

ASP atau Active Server Pages adalah bahasa program web untuk menciptakan sebuah halaman website dinamis. ASP ini bekerja di web server. XML atau Extensible Markup Language merupakan sebuah markup yang direkomendasikan oleh W3C yang digunakan untuk pendeskripsian macam-macam data.

WML atau Wireless Markup Language atau bahasa pemrograman yang digunakan dalam sebuah aplikasi yang berbasis XML. WML ini bahasa program yang dipakai wireless.

PERL adalah untuk mesin bersistem operasi Unix juga untuk system operasi DOS, BeOS, Windows, VMS, PocketPC dan EBCDIB. CFM dibuat menggunakan ColdFusion dan software Adobe ColdFusion. Javascript yang adalah bahasa scripting andal untuk berjalan dengan client.

CSS atau Cascading Style Sheets yang merupakan bahasa stylesheet yang digunakan dalam pengaturan tampilan dokumen yang ditulis dalam sebuah bahasa markup. Spesifik CSS ini diatur oleh W3C atau World Wide Web Consortium.

Pemograman Java

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh komputer maupun oleh telepon genggam. Aplikasi dengan berbasis Java ini pada umumnya dikompilasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan mesin virtual java. Java sifatnya adlah umum atau non spesifik. Fungsionalitas dari Java membuat aplikasi ini dapat berjalan dengan beberapa platform pada sistem operasi berbeda.
Sesuai dengan slogannya “Tulis sekali, jalankan di mana pun".sekarang java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang paling populer dan dapat dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan berbagai perangkat lunak.

Kelebihan dan Kekurangan Java

Pertama, Multiplatform. Inilah kelebihan utama dari Java yaitu dapat dijalankan dalam beberapa platform atau sistem operasi komputer sesuai dengan slogannya yang sudah dibahas tadi.
Lalu, OOP atau Object Oriented Programming. Java memiliki library atau perpustakaan yang lengkap. Perpustakaan yang dimaksud disini adalah kumpulan dari progeam yang disertakan didalam Java. Hal ini akan membuat penggunaan menjadi mudah oleh para pemrogram. Kelengkapan dari perpustakaan ini semakin besar lagi dengan adanya sebuah komunitas Java.
Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan inilah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Java. Walau ada beberapa platform yang menunjukkan tentang kelebihan Java namun masih ada juga kekurangan dari slogan yang dimiliki Java “Tulis sekali, jalankan di mana saja”. Namun masa ada beberapa hal yang belum kompatibel atau relevan antara satu platform dengan satu platform yang lain. Contohnya saja untuk J2SE dengan platformnya SWT-AWT bridge yang tidak dapat berfungsi dengan Mac OS X.

Kekurangan lainnya adalah mudah untuk didekompilasi. Dekompilasi adalah membalikkan sebuah kode yang sudah jadi menjadi kode sumber. Maksudnya ini dapat memungkinkan karena kode jadi Java adalah bytecode yang menyimpan bahasa dengan tingkat yang tinggi. Hal ini terjadi pula pada Microsoft NET Platform. Sehingga program akan mudah untuk dibajak karena program sulit untuk disembunyikan.

Kemudian, kekurangan yang lain karena penggunaan memori Java yang banyak, lebih besar dari bahasa dengan tingkat tinggi dalam sebuah generasi sebelum adanya Java. Namun, masalah ini tidak berlaku dengan semua teknologi. Hanya orang yang menggunakan teknologi atau mesin komputer yang sudah berumur lama atau lebih dari empat tahun yang merasakan masalah ini. Namun, tidak demikian halnya dengan orang yang menggunakan teknologi versi terbaru.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Vitomedia | Dhoristore
Copyright © 2012-2013. vitomedia - All Rights Reserved